HARIANINVESTOR.COM – Biji buah salak (Salacca edulis) umumnya dibuang bersama dengan kulit buah setelah dimakan daging buah. Padahal, biji salak juga memiliki manfaat bagi kesehatan.

Namun, belum banyak orang yang tau tentang manfaat biji salak.

Padahal biji salak, dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan seperti pembuatan produk kosmetik atau obat-obatan herbal. Salah yang paling sering ditemui adalah kopi biji salak.

[related by="category" jumlah="2" mulaipos="1"]

Biji buah salak memiliki kandungan nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan seperti serat, antioksidan, vitamin C, dan senyawa-senyawa bioaktif lainnya.

Namun, masih diperlukan penelitian yang mendalam tentang manfaat biji salak ini. Baca artikel lainnya di sini : Inilah 7 Manfaat Konsumsi Pepaya untuk Kesehatan, Nomor 4 Bisa Tingkatkan Kesehatan Mata

Seperti dirangkum dari berbagai sumber, Senin, 6 Maret 2023, berikut manfaat biji salak bagi kesehatan, antara lain:

[related by="category" jumlah="2" mulaipos="3"]
  1. Tingkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Biji buah salak juga mengandung senyawa bioaktif seperti saponin dan polifenol, yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah infeksi.

Selain itu, biji buah salak juga mengandung vitamin C, yang dikenal sebagai nutrisi penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Baca artikel lainnya di sini : Ternyata Sangat Signifikan, Ini 7 Hubungan antara Orang yang Pemarah dengan Masalah Kesehatan Mental

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat biji salak juga dipercaya dapat memelihara kesehatan organ jantung.

[related by="category" jumlah="2" mulaipos="5"]

Biji buah salak mengandung kalium yang membantu mengatur tekanan darah dan meningkatkan fungsi jantung.

Selain itu, biji salak juga mengandung senyawa flavonoid dan polifenol yang dapat membantu mengurangi kadar kolesterol dalam darah dan meningkatkan sirkulasi darah, sehingga membantu mencegah risiko terjadinya penyakit jantung.

  1. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Biji buah salak mengandung serat larut dan tidak larut dalam air yang dapat membantu memperlancar pencernaan dan mencegah sembelit.

[related by="category" jumlah="2" mulaipos="7"]

Serat juga membantu mengurangi kadar kolesterol dan gula darah dalam tubuh, serta memperbaiki keseimbangan bakteri usus untuk meningkatkan kesehatan pencernaan secara keseluruhan.

  1. Menurunkan Risiko Diabetes

Manfaat biji salak juga diklaim dapat menurunkan resiko diabetes.

Biji buah salak mengandung senyawa aktif yang disebut asam fenolat, yang dapat membantu menurunkan kadar gula darah.

[related by="category" jumlah="2" mulaipos="9"]

Dengan mengonsumsi olahan biji buah salak secara teratur, seseorang dapat terhindar dari resiko diabetes tipe 2.

  1. Tingkatkan Kesehatan Mata

Biji buah salak mengandung vitamin A yang berperan dalam menjaga kesehatan retina dan memperkuat sistem penglihatan sehingga mencegah terjadinya masalah kesehatan mata seperti rabun jauh, rabun dekat, dan penyakit mata lainnya.***