BISNISNEWS.COM – Apresiasi bagi desa – desa yang dinilai aktif bergerak maju terus dilakukan oleh PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk.

Gelaran apresiasi yang diberi nama Nugraha Karya Desa BRILiaN 2023 tersebut akan dilaksanakan pada tanggal 9 – 10 Januari 2024 di Jakarta.

Adapun, acara tersebut juga dapat disaksikan melalui live streaming di Youtube Bank BRI dan Kompas.com hari Rabu (10/01) pukul 19.00 WIB.

[related by="category" jumlah="2" mulaipos="1"]

Nugraha Karya Desa BRILiaN merupakan event tahunan yang diselenggarakan oleh BRI sebagai rangkaian program Desa BRILiaN yang fokus pada pengembangan empat aspek.

Pertama, BUMDesa sebagai motor ekonomi desa. Kedua, digitalisasi dalam implementasi produk dan aktivitas di desa.

Ketiga, sustainability yakni ketangguhan dan kontinuitas membangun desa. Keempat, inovasi guna mendorong desa menjadi kreatif.

[related by="category" jumlah="2" mulaipos="3"]

Terkait dengan hal tersebut, Direktur Utama BRI Sunarso mengungkapkan bahwa program Desa BRILian merupakan upaya nyata BRI dalam mendukung Pemerintah dalam meningkatkan ketahanan ekonomi dengan memberdayakan masyarakat pedesaan melalui peningkatan kapasitas, pelatihan bisnis, literasi digital, dan pembangunan berkelanjutan.

“Melayani dan memberdayakan UMKM bukan hanya soal bisnis, tapi yang lebih penting lagi adalah menghadirkan kesejahteraan sosial.”

“Semoga konsep seperti Desa BRILian ini tidak hanya dapat diimplementasikan di Indonesia, tapi juga di negara lainnya,” ujar Sunarso.

[related by="category" jumlah="2" mulaipos="5"]

Program Desa BRILiaN telah memasuki tahun keempat. Desa BRILiaN merupakan program inkubasi desa yang bertujuan untuk menghasilkan role model dalam pengembangan desa.

Hingga tahun 2023, program tersebut telah diikuti sebanyak 3.178 desa yang aktif berinisiatif serta berkomitmen maju melalui program-program yang telah direncanakan.

Objek pemberdayaan Desa BRILiaN sendiri meliputi perangkat desa (kepala desa), pengurus BUMDesa, Badan Permusyawaratan Desa, pelaku usaha desa, serta pegiat produk unggulan kawasan perdesaan (Prukades).

[related by="category" jumlah="2" mulaipos="7"]

Penghargaan Nugraha Karya Desa BRILian

Beberapa Desa BRILiaN yang menerima penghargaan tersebut sudah dipilih 15 desa yang melalui sederet proses seleksi yang ketat dan masuk tahap penjurian pada beberapa aspek yang nantinya dipilih menjadi Juara Nasional Desa BRIliaN pada malam Nugraha Karya Desa BRILiaN 2023.

Selain itu, terdapat beberapa kategori lain yang diperlombakan, seperti Desa Hijau, Desa Tata Kelola terbaik, Pengembangan wirausaha terbaik, serta Desa Inovatif dan Digitalisasi Terbaik.

[related by="category" jumlah="2" mulaipos="9"]

BRI juga memberikan penghargaan khusus untuk Desa Potensial wilayah barat, tengah, dan timur.

Dalam rangkaian Nugraha Karya Desa BRILian 2023, BRI juga menghadirkan kegiatan bertajuk Bincang Desa BRILiaN.

Bincang Desa BRILiaN akan mendalami topik-topik penguatan ekosistem bisnis, khususnya ekosistem bisnis desa, guna menyelisik perspektif baru dalam penguatan ekonomi bersama para pakar dan narasumber.

[related by="category" jumlah="2" mulaipos="11"]

Tujuannya, untuk memotivasi seluruh stakeholder untuk berkolaborasi sebagai penggerak ekonomi desa.

Dalam Bincang Desa BRILiaN juga akan dibagikan bagaimana kisah Perjalanan Desa BRILiaN sukses dalam mengembangkan desa.

Berikut adalah daftar 15 Desa BRILiaN terbaik yang akan bersaing di Nugraha Karya Desa BRIliaN 2023:

[related by="category" jumlah="2" mulaipos="13"]

1. Desa Ngoran (Blitar, Jawa Timur)

Portal berita ini menerima konten video dengan durasi maksimal 30 detik (ukuran dan format video untuk plaftform Youtube atau Dailymotion) dengan teks narasi maksimal 15 paragraf. Kirim lewat WA Center: 085315557788.

2. Desa Mlowokarangtalun (Grobogan, Jawa Tengah)

3. Desa Sikapat (Banyumas, Jawa Tengah)

4. Desa Bansari (Temanggung, Jawa Tengah)

5. Desa Sukomulyo (Gresik, Jawa Timur)

6. Desa Padang Panjang (Tabalong, Kalimantan Selatan)

7. Desa Angseri (Tabanan, Bali)

8. Desa Daenaa (Gorontalo, Gorontalo)

9. Nagari Tanjung Haro Sikabu-kabu (Lima Puluh Kota, Sumatera Barat)

10. Desa Ibru (Muaro Jambi, Jambi)

11. Desa Lerep (Semarang, Jawa Tengah)

12. Desa Cikaso (Kuningan, Jawa Barat)

13. Desa Kelawi (Lampung Selatan, Lampung)

14. Desa Nepo (Barru, Sulawesi Selatan)

15. Desa Sondregeasi (Nias Selatan, Sumatera Utara)