BISNISNEWS.COM – Calon wakil presiden nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka mempertanyakan pernyataan calon wakil presiden nomor urut 1, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin.

Cak Imin mengatakan akan membuat 40 kota setara Jakarta, namun menolak pembangunan IKN saat menjawab sub tema mengenai perkotaan.

“Gus Muhaimin ini rada aneh ya, ingin bangun kota se-level Jakarta tapi gak setuju dengan IKN,” jawab Gibran saat debat cawapres yang digelar di JCC, Jakarta, Jumat 22 Desember 2023.

[related by="category" jumlah="2" mulaipos="1"]

Gibran lalu menjelaskan soal masalah yang mungkin terjadi di perkotaan seperti transportasi publik, sampah, dan kawasan kumuh.

Masalah seperti itu akan dihadapi masyarakat Indonesia yang tinggal di perkotaan pada tahun 2045, diperkirakan mencapai 70%.

Baca artikel lainnya di sini : Gibran: Program Makan Siang Gratis Jadi Stimulasi Usaha Kecil, Khususnya Ibu-ibu Warteg dan Warung

[related by="category" jumlah="2" mulaipos="3"]

“Yang jelas untuk masalah perkotaan kita harus menggarap transportasi umumnya.”

“Kita pastikan transportasi umum ini aman, nyaman terutama bagi kaum disabilitas, lansia, dan anak-anak.”

“Lalu kita pastikan transportasi ini kita pastikan digitalisasinya,” jelas Gibran.

[related by="category" jumlah="2" mulaipos="5"]

Lihat juga konten video, di sini: Jelang Debat Cawapres, Prabowo Tetap Bekerja Rutin dan Salat Jumat di Kementerian Pertahanan

Debat perdana cawapres ini mengusung tema ekonomi kerakyatan dan digital, keuangan, investasi, pajak, perdagangan, pengelolaan APBN-APBD, infrastruktur, dan perkotaan.***