BISNISNEWS.COM – Pertumbuhan yang berkelanjutan tentu didukung oleh Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul.

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk tak hanya mengembangkan Insan BRILiaN (pekerja BRI) dari segi kemampuan untuk mendukung kinerja perseroan, tapi juga secara minat dan bakat potensial untuk berprestasi di bidang lainnya.

Komitmen itu terbukti berhasil melalui Komunitas Paduan Suara BRI, BRILiaN Choir, yang berhasil menyabet gelar juara pada kompetisi Festival Paduan Suara Sektor Jasa Keuangan (FPSSJK).

[related by="category" jumlah="2" mulaipos="1"]

Pada kompetisi kali ini BRILiaN Choir berhasil meraih juara tertinggi (Grand Prix Champion).

Terkait dengan pencapaian tersebut, Direktur Human Capital BRI Agus Winardono menyampaikan apresiasi terbesar kepada para bankir Insan BRILiaN (Pekerja BRI) yang tergabung dalam BRILiaN Choir.

Menurutnya, kemenangan ini merupakan bentuk dukungan BRI sebagai community program yang dapat diikuti oleh seluruh Pekerja BRI guna mendorong work life balance pekerja sehingga dapat meningkatkan employee engagement.

[related by="category" jumlah="2" mulaipos="3"]

“Prestasi ini adalah salah satu pencapaian yang baik dalam bidang sumber daya manusia dan tentunya organisasi.”

“Ini juga sejalan dengan konsep strategis pembangunan sumber daya manusia yang diusung BRI dengan berfokus pada 3 pilar utama yaitu manusia, budaya dan organisasi,” ucap Agus.

Dalam lomba yang diselenggarakan pada Selasa, 14 November 2023 di Usmar Ismail Hall, Jakarta ini, BRI tampil memukau dengan menampilkan 2 daftar lagu (repertoire) yang terdiri dari 1 lagu rakyat Indonesia yakni “Piso Surit” yang digubah ulang oleh Vatara A. Silalahi, dan 1 lagu pilihan bebas, berjudul “Fajar dan Senja” karya Ken Steven.

[related by="category" jumlah="2" mulaipos="5"]

Pada kompetisi tersebut, BRI tampil ekspresif membawakan lagu rakyat Indonesia dari daerah Karo yang ditampilkan perdana pada saat kompetisi.

Kelompok paduan suara yang beranggotakan 39 penyanyi tersebut dilatih oleh Yoga Pranata dan Fitri Intendia tersebut juga menyabet Juara 1 Kategori Lagu Pilihan dan Juara 2 Kategori Lagu Rakyat Indonesia, serta penghargaan gold medal dengan perolehan nilai tertinggi 88,41.

Menurut salah satu juri, Yasashi I Evelyn Pangaribuan, BRI dinilai memiliki kemampuan produksi suara yang dapat menghasilkan choral sound yang baik dan mampu menyampaikan pesan melalui kekuatan ekspresi bunyi yang dapat menyentuh pendengarnya.

[related by="category" jumlah="2" mulaipos="7"]

Untuk diketahui, FPSSJK merupakan festival paduan suara tahunan terbesar antar lembaga jasa keuangan yang telah diselenggarakan sejak tahun 2015.

Pada tahun ini, FPSSJK mempertemukan 24 kelompok Paduan Suara dari berbagai Lembaga Jasa Keuangan dan Jasa Pelayanan Publik, di mana setiap peserta wajib menampilkan 2 buah karya lagu.

Sejak tahun 2021, FPSSJK menetapkan ketentuan penampilan karya lagu baru oleh setiap peserta yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas musik paduan suara di Indonesia serta menambah repertoire lagu dari berbagai arranger atau komposer berbakat.

[related by="category" jumlah="2" mulaipos="9"]

Sementara BRILiaN Choir merupakan komunitas pekerja BRI Group yang memiliki kemampuan dan minat di bidang olah vokal dan sudah berdiri sejak 2018 serta telah meraih beberapa penghargaan tertinggi, diantaranya Juara 1 KPS OJK tahun 2018 dan Juara 1 KPS OJK 2020.

Pada kompetisi tahun ini, BRILiaN Choir beranggotakan Insan BRILiaN yang berasal dari BRI Group terdiri dari Head Office, RO Bandung, RO Jakarta 1, Regional Office (RO) Jakarta 2, Regional Audit Office (RAO) Jakarta 3, RO Malang, RO Manado, RO Medan, RO Semarang, RO Surabaya, dan Bank Raya, salah satu perusahaan anak BRI Group.***