BISNISNEWS.COM – Dalam era digital yang semakin berkembang, pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia semakin memerlukan solusi pengiriman paket yang dapat memberikan kemudahan akses dan beragam pilihan metode pengiriman.

Dalam konteks ini, Ninja Xpress, perusahaan jasa pengiriman terkemuka berbasis teknologi di Indonesia, telah mengambil langkah proaktif untuk mendukung para UMKM dalam mengelola perputaran kas mereka melalui peluncuran aplikasi Ninja Biz.

Aplikasi ini menawarkan fitur unik “kirim dulu, bayar kemudian,” yang menjadi salah satu fitur andalan dalam ekosistem pengiriman.

[related by="category" jumlah="2" mulaipos="1"]

Menurut laporan MSME Empowerment tahun 2022, sebanyak 83,8% pengusaha UMKM telah mengadopsi digitalisasi dan teknologi dalam operasional bisnis mereka.

Fenomena transformasi digital yang melanda berbagai sektor bisnis di Indonesia juga memengaruhi UMKM, yang kini semakin mengandalkan platform digital untuk promosi produk hingga pengiriman berbasis teknologi.

Andi Djoewarsa, Chief Marketing Officer (CMO) Ninja Xpress, menggambarkan tantangan utama yang dihadapi oleh para pelaku UMKM, yaitu pengelolaan arus kas.

[related by="category" jumlah="2" mulaipos="3"]

“Kami menyadari bahwa salah satu tantangan yang dimiliki oleh para pelaku UMKM adalah pengelolaan Cash Flow, sehingga untuk mendukung perkembangan bisnis UMKM/shipper, kami menyediakan fasilitas pengiriman yang memberikan kemudahan yang tidak hanya dengan layanan penjemputan paket dari rumah tetapi juga menawarkan layanan cash on delivery dalam penjualan barangnya.

Melalui inovasi layanan Ninja Biz, mereka juga dapat menikmati pengiriman paket ke seluruh Indonesia yang lebih mudah karena kirim paket tinggal klik.”

Ninja Xpress juga memastikan bahwa para pelaku UMKM dapat dengan mudah mengakses layanan-layanan tersebut melalui aplikasi Ninja Biz.

[related by="category" jumlah="2" mulaipos="5"]

Salah satu fitur menarik adalah pelacakan paket secara real-time, yang memungkinkan pengirim untuk melacak lokasi paket mereka dengan cepat.

Ini juga memudahkan penggunaan metode pembayaran COD (Cash on Delivery), yang memungkinkan pengirim untuk menerima pembayaran langsung dari penerima saat paket sampai.

Dengan berbagai fitur yang tersedia, Ninja Biz memberikan solusi yang efisien dan nyaman bagi para pelaku UMKM dalam mengelola keuangan dan logistik mereka.

[related by="category" jumlah="2" mulaipos="7"]

Sejak peluncurannya, hampir 100.000 pengguna internet telah mengunduh aplikasi Ninja Biz, dengan lebih dari 35% shipper aktif yang telah mengirim lebih dari 7.000 kg paket selama bulan September 2023.

Pengiriman terbanyak berasal dari berbagai daerah di Pulau Jawa, dengan destinasi pengiriman terpopuler berada di Tangerang, Sumedang, dan Sukabumi.

Kota Sukabumi, Jakarta, dan Bandung juga menjadi lokasi pengiriman yang ramai.

[related by="category" jumlah="2" mulaipos="9"]

Mayoritas paket yang dikirim melalui aplikasi Ninja Biz adalah paket berukuran kecil, dengan berat rata-rata sekitar 2 kg per parcel, yang biasanya berisi kosmetik, aksesoris fashion seperti pakaian, jam tangan, kacamata, dan produk lainnya.

Ninja Xpress juga menegaskan komitmennya untuk mendukung pertumbuhan UMKM dengan menyelenggarakan program Bulan UMKM.

Program ini memberikan diskon tambahan sebesar 30% tanpa syarat untuk pengiriman paket melalui Ninja Biz selama bulan Oktober.

[related by="category" jumlah="2" mulaipos="11"]

Layanan Ninja Biz ini tersedia baik bagi UMKM maupun pengguna akhir, dan dapat diakses melalui Google Play Store dan App Store.

Selain promosi pengiriman, dalam kerangka program Bulan UMKM, Ninja Xpress juga menyediakan materi bermanfaat yang dapat diunduh.

Ini termasuk serangkaian artikel mini yang berisi wawasan, kiat, dan strategi mengenai berbagai aspek pertumbuhan bisnis, serta template dan daftar cek list bisnis untuk membantu UMKM mengelola operasi harian mereka.

[related by="category" jumlah="2" mulaipos="13"]

Semua inisiatif ini bertujuan untuk mendukung pertumbuhan bisnis kecil dan memudahkan mereka dalam menghadapi tantangan operasional yang seringkali dihadapi.

Portal berita ini menerima konten video dengan durasi maksimal 30 detik (ukuran dan format video untuk plaftform Youtube atau Dailymotion) dengan teks narasi maksimal 15 paragraf. Kirim lewat WA Center: 085315557788.