HALLOKALTIM.COM – Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) mengungkapkan Pemerintah Finlandia dan Pemerintah Spanyol berminat bekerja sama dengan Pemerintah Indonesia untuk terlibat dalam pembangunan IKN.

“IKN menyambut baik negara-negara yang ingin bekerja sama membangun Nusantara,” kata Kepala Otorita IKN Bambang Susantono dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu 27 November 2022.

Bambang menambahkan, sebelumnya sudah ada beberapa negara yang menyatakan ingin bekerja sama seperti Korea dan Arab Saudi.

“Kami terbuka bagi investor mana pun untuk bekerja sama dalam sektor tertentu,” katanya.

Pemerintah Finlandia dan Spanyol bertemu dengan Kepala Otorita IKN Bambang Susantono untuk membahas kerja sama pembangunan IKN.

Dalam pertemuan yang berlangsung di kantor otorita itu, Kepala Otorita didampingi Deputi Bidang Transformasi Hijau dan Digital Otorita Ali Berawi, dan Sekretaris Otorita Achmad Jaka Santos Adiwijaya.

Kedua negara tersebut menyatakan ingin bekerja sama dengan pemerintah Indonesia untuk terlibat dalam pembangunan IKN.

Hadir mewakili Finlandia Wakil Menteri Luar Negeri Bidang Perdagangan Internasional Kementerian Luar Negeri Finlandia Nina Vaskunlahti, Duta Besar Finlandia untuk Indonesia Pekka Kaihilahti, dan 12 perwakilan perusahaan dari Business Finlandia, di antaranya dari Betolar, KONE, dan Wärtsilä.

Dalam kesempatan itu, masing-masing perusahaan menjelaskan bagaimana bagaimana mereka dapat berkontribusi untuk pembangunan IKN.

Sementara itu, dalam pertemuan dengan Spanyol dihadiri oleh Duta Besar Spanyol Francisco Aguilera dan Atase Perdagangan Spanyol Jose Angel Molero Gonzalez.

“Kami juga memindahkan ibu kota kami di masa lalu, dan kami berharap dapat berkontribusi pada proyek IKN,” ujar Aguilera.

Aguilera juga menambahkan bahwa Spanyol ahli dalam hal teknik dan juga keuangan.***